Keamanan Air untuk Anjing: 7 Tips Menjaga Keamanan Hewan Peliharaan Anda

Diposting: 12 Oktober 2022 pukul 14.52

Banyak anjing senang berenang, tetapi genangan air apa pun bisa berbahaya bagi hewan peliharaan Anda. Berikut adalah tujuh tips untuk menjaga anjing tetap aman di sekitar air.

1. Anjing Harus Selalu Memakai Jaket Pelampung Di Sekitar Air

Cara terbaik untuk menjaga keamanan anjing Anda adalah dengan membeli jaket pelampung anjing.

Anjing Anda harus memakai ini setiap kali mereka berada di sekitar air, termasuk di pantai, berkeliaran di sekitar kolam, di atas kapal, atau di dekat danau. Meskipun ini mungkin tampak tidak perlu, jaket pelampung bisa menjadi pembeda antara hidup dan mati jika anjing Anda mendapat masalah.

Jaket pelampung tidak hanya membantu menjaga anjing Anda tetap mengapung, tetapi juga lebih mudah untuk mengambil anjing Anda jika mereka jatuh ke laut atau tersangkut. Banyak jaket pelampung anjing juga memiliki reflektor dan warna-warna cerah untuk membuat anjing lebih mudah dikenali.

2. Jangan Meninggalkan Anjing Tanpa Pengawasan di Dekat Air

Aturan terpenting untuk menjaga anjing Anda aman di sekitar air adalah jangan pernah meninggalkannya tanpa pengawasan.

Sama seperti manusia, perenang anjing yang kuat pun bisa mendapat masalah di dalam air. Satu-satunya cara untuk menjaga hewan peliharaan Anda tetap aman adalah dengan mengawasi mereka setiap saat, baik ketika mereka berada di dalam air atau di dekatnya.

Air itu sendiri bukan satu-satunya bahaya bagi anjing Anda. Ikan mati atau kotoran lain yang terdampar di pantai bisa berbahaya jika dimakan. Bahkan rumput laut liar yang kering pun sangat berbahaya bagi anjing Anda di pantai, karena akan mengembang di perut setelah dimakan.

3. Jangan Anggap Anjing Anda Perenang yang Kuat

Ada kesalahpahaman umum bahwa semua anjing adalah perenang yang kuat secara alami. Ini tidak terjadi, karena banyak breed berjuang dengan berenang dan cepat lelah.

Misalnya, ras dengan wajah datar dan moncong pendek (dikenal sebagai ras brachycephalic) sulit bernapas saat berenang. Trah dengan tubuh panjang dan kaki pendek juga hampir tidak mungkin bertahan.

Bahkan jika anjing Anda adalah jenis yang secara tradisional nyaman di air, seperti golden retriever, Newfoundlands, dan Labrador, Anda tidak boleh berasumsi bahwa mereka bisa berenang untuk waktu yang lama. Tidak semua anjing nyaman di air, terutama jika mereka tidak berenang sejak usia muda.

Untuk alasan ini, jaga agar sesi berenang tetap singkat dan selalu perhatikan apakah anjing Anda nyaman dan bersenang-senang.

4. Hindari Air Dengan Alga Biru-Hijau

Jangan biarkan anjing Anda berenang di air yang mengandung ganggang biru-hijau. Banyak jenis ganggang berbahaya bagi anjing, karena mereka menghasilkan racun yang mempengaruhi hati. Tragisnya, anjing diketahui mati kurang dari 20 menit setelah meminum air yang mengandung alga.

Tidak semua alga beracun, tetapi tidak mungkin untuk menilai jenisnya tanpa peralatan pengujian. Jadi paling aman untuk menghindari danau dan kolam yang mungkin mengandung ganggang biru-hijau.

Beberapa gejala keracunan ganggang biru-hijau meliputi:

Diare Muntah Mengiler Masalah pernapasan Kejang atau pingsan KebingunganJika Anda menduga anjing Anda mabuk atau berenang di air yang mengandung ganggang, segera hubungi dokter hewan Anda. Tidak ada obatnya, tetapi dokter hewan Anda mungkin dapat menyebabkan muntah untuk membuang racun jika ditangani lebih awal.

5. Waspada terhadap Arus dan Riptida

Arus dan pasang surut adalah dua bahaya terbesar di pantai – baik bagi manusia maupun anjing. Waspadai tanda bahaya yang menunjukkan air berbahaya dan hindari membiarkan anjing Anda berada di dekat air jika Anda tidak yakin itu aman.

Hal yang sama berlaku untuk sungai dan sungai. Arus dapat dengan cepat membawa anjing pergi, yang merupakan alasan lain mengapa jaket pelampung sangat penting.

6. Bawalah Air Minum Yang Banyak

Tidak pernah aman untuk membiarkan anjing Anda minum air tempat mereka berenang. Sebaliknya, bawalah banyak air segar untuk mereka minum.

Jangan lupa untuk membawa mangkuk air yang bisa dilipat jika Anda akan jauh dari rumah. Ini membuat anjing Anda lebih mudah minum air yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

7. Jangan Memaksa Anjing Anda untuk Berenang

Berenang bisa menjadi olahraga yang bagus untuk anjing, karena memberikan latihan kardiovaskular tanpa membebani persendian.

Namun, butuh waktu bagi anjing untuk terbiasa dengan air. Penting untuk tidak terburu-buru atau memaksakan prosesnya, karena ini bisa berbahaya dan menyebabkan anjing Anda takut air.

Sebaliknya, perlahan-lahan perkenalkan anjing Anda ke air di lingkungan yang aman. Pastikan airnya dangkal, tenang, dan mereka mengenakan jaket pelampung. Pastikan bahwa pengalaman itu selalu positif dan menyenangkan.

Author: Mark Harris